Senin, 28 Maret 2011

Ciri khas kabupaten Empat lawang

Ciri khas masing-masing daerah kadang memang berbeda walaupun terkadang hampir mempunyai kesamaan,begitupun daerah  kabupaten 4 lawang yang masih kabupaten  tergolong kabupaten muda  di Indonesia juga mempunyai ciri khas ataupn  kesamaan dengan daerah lain.
ciri khas suatu daerah salah satunya bisa kita lihat dari sisi makananya,rumah penduduk,dan mata pencarian masyarakatnya.dan kabupaten 4 lawang juga mempunyai kekhasan itu.

Jika kita melihat  dari sisi makanan khas masyarakat 4 lawang,masyarakat 4 lawang dalam hal  mencari bahan makanan meraka sangat memanfaatkan alam.misalkan pindang ikan sungai musi atau yang sering disebut oleh masyarkat dengan "masak asam ikan ayek musi" bahan pokoknya ialah ikan sungai musi yang sangat mudah didapatkan karena letak geografisnya berada di Hulu sungai musi.Ataupun juga sambal durian(baca; sambal tempoyak) yang bahan pokoknya dari dari daging durian matang itu juga disebabkan karena daeranya terletakdi dataran tinggi bukit barisan sehingga pohn durian sangat mudah tumbuh dan berbuah.

Ketika kita menilik dari sisi yang lain yaitu rumah penduduk kita akan melihat banyak sekali rumah panggung yang terbuat dari kayu baik itu dari kayu jati ataupun dari kayu meranti(kayu asli sumatera),alasan masyarakat membuat rumah panggung karena  faktor alam yang masih  berbentuk hutan dan masih banyak terdapat binatang buas sepetri harimau sumatera ataupun macan tutul.Mengapa masyarakat memakai bahan bangunan dari kayu itu juga karena alam di daerah bukit barisan masih berbaik hati dengan msyarakat untuk meyediakan bahan banguanan(kayu).

Selanjutnya kita bisa melihat ciri khsa daerah kabupaten 4 lawang dari sisi mata pencarian mayoritas masyarkatnya,masyarakat 4 lawang mayoritas masih bergantung kepada tanaman yang berbuah satu tahun sekali yaitu kopi walaupun sekarang sudah banyak masyarakat yang berpindah menjadi petani karet atau sawit.Kopi dalam masyarakat 4 lawang merupakan tanaman yang tidak asing lagi bagi masyarakat bahkan ketika masyarakat belum menanam kopi mereka merasa belum berkebun.

Dari contoh ketiga ciri khas msyarakat 4 lawang yaitu makanan,rumah penduduk dan mata pencarian penduduk kita dapat menyimpulkan bahwa ciri khas masyarakat 4 lawang banyak dipengaruhi oleh faktor alam.dan menjadi tugas kita untuk menjaga kelestarian alam kabupaten 4 lawang unutk kita wariskan kepada anak cucu kita.


Makanan khas masyarakat kabupaten 4 lawang
 
rumah penduduk kabupaten 4 lawang
salah satu mata pencaraian penduduk kabupaten 4 lawang

6 komentar:

  1. Cukup alap..jadilah..anyo mungkin perlu kaban tambah i agi ngan pernak pernik o, olok buku tamu ngan sebagai o, busek i pulo blog kami yo, di http://forumlintangempatlawang.blogspot.com

    BalasHapus
  2. sekalian pulo busek di blog aq ne,,
    :D hehehe..
    di http://edisafran.blogspot.com/

    BalasHapus
  3. ismajid:pak belajau ngan galak be kudai ini
    edi;tadi lah aku kinai tapi pecak o banyak jualanno hhe

    BalasHapus
  4. blog nyo cukup alap. bujang lintang memang harus kreatif. tulis lebih banyak agi tentang daerah kito.

    BalasHapus
  5. ao do'akan mengko pacak nontot data nyo bnyak

    BalasHapus
  6. Mantap nian ulasan di atas sanak

    BalasHapus