Sabtu, 09 April 2011

Masakan khas kabupaten 4 lawang

Wilayah Indonesia terdiri atas ribuan pulau yang membentang dari Sabang sampai Merauke yang dihuni ratusan suku bangsa dan etnis. Keragaman geografi dan suku bangsa inilah yang menjadikan Indonesia kaya akan keragaman budaya, termasuk budaya kuliner. Setiap suku dan etnis pasti memiliki cara tersendiri dalam meracik dan menyajikan makanan.

Salah satunya yaitu suku 4lawang,budaya kuliner di daerah ini banyak dipengaruhi letak geografis dan sumber daya alam yang ada karena masyarakat 4 lawang sangat senang berinteraksi dengan alam.

Beberapa contoh kuliner daerah 4 lawang yang masih bisa dijumpai contohnya:rebung(baca:gebung) asam,pindang ikan sungai(baca;ayek) musi.masak asam sungai(baca;ayek) musi,pindang tulang,kelicuk,tempoyak,lempuk,kecepol,gunjing lengkok dan masih banyak lagi kuliner khas daerah ini.memang terkadang dari segi bahasa makanan khas 4 lawang terdengar sangat aneh.
Berikut sedikit penjelasan mengenai berapa kuliner khas 4 lawang:


1.Pindang.masak asam ikan sungai(baca;ayek) musi 
         Pindang.masak asam ikan sungai(baca;ayek) musi merpukan makan  yang sangat mudah ditemukan,hal ini juga terpengaruh oleh sungai musi yang  banyak memberikan beragam ikan.
masarakat  4 lawang sangat menyukai masakan yang satu ini,jika kita hidangkan dalam suatu jamuan ada lauk daging,ayam atau bahkan masakn luar negeri(pizza,burger & spaghetti) maka masyarakat akan  lebih memilih pindang/masak asam  asam ikan sungai(baca:ayek) musi.



2 Pindang tulang
     Kuliner satu ini masih cukup mudah untuk didapatkan baik di rumah makan atau warung makan.tapi karena harga tulang sebagai bahan pokoknya cukup mahal,maka masyarakat lebih senang menyantap masakan ini pada saat ada warga yang  mengadakan hajatan.




 

3.kelicuk
     Merupakan salah satu makanan rumahan yang sangat lezat untuk dimakan bersama keluarga.makanan satu ini terbuat dari campuran pisang yang dihancurkan dengan beras ketan merah atau putih,yang selanjutnya dibungkus dan dibentuk dengan pola segitiga sama kaki.
     Sekarang ini kelicuk sudah menjadi jajanan pasar yang mudah ditemuakan di pasar pekanan(baca:kalangan),dengan harga Rp 500/biji.




4 Rebung asam(baca;gebung)
       kuliner satu ini berbahan dasar tunas bambu yang masih muda,selanjutnya dipotong kecil-kecil.Rebung asam(baca;gebung) sangat enak dinikmati jika dimasak bersama ikan sungai musi.



5 Tempoyak
       Tempoyak diambil dari daging durian yang matang,
tempoyak merupakan makan khas yang hanya bisa ditemukan pada musim durian saja.tempoyak juga terdapat di daerah lain,
seperti lubuk linggau,kepahiang,lahat dan palembang.tempoyak lebih nikmat jika dimakan bersama ikan sungai(ayek) musi baik dimasak bersamaan atau dimasak secara terpisah(dijadikan sambal).


lima contoh masakan tadi merupakan sebagian kecil dari ciri khas kabupaten empat lawang yan berbentuk kuliner,sebenarnya kuliner di kabupaten 4 lawang sangat banyak,tetapi belum banyak terekspos.




1 komentar: