Rabu, 11 Januari 2012

Tips menjadi mahasiswa baru


Menjadi mahasiswa baru merpukan hal yang  sangat diimpikan,namun  nuansa kehidupan kampus yang  sangat berbeda dengan nuansa ketika masih berseragam abu-abu kadang membuat mahasiswa baru mendapati banyak kebingungan.
Nah berikut ada beberapa tips  menjadi mahasiwa baru  :
1.      luruskan niat dan definisakn cita-citamu
mungkin ada dari kita yang niatan kuliah buat gensi-gensian atau untuk mencari pacar (ups bukannya  pacaran gak ada dalam islam),nah mulai dari sekarang luruskan niat kita mencari ilmu karena allah dan menjalakna kepercayaan dari orang tua.selanjutnya setelah meluruskan niat ada baiknya kita mendefinikan cita-cita sejelas-jelasnya,supaya kita tau tujuan kita kuliah.

2.      Rencanakan studi dengan baik dan berprestasi di awal semester
Merencanakan studi dari awal misal :masa kuliah kita berapa tahun, alur kiuliah seperti apa?,nanti ketika kuliah mau ngapain aja,atau maslah perencnaan studi lainnya. menjadi hal penting karena bagaiman mungkin kita mau berpergian tanpa kita tau rute yang mau kita lewati.selanjutnya berpresatasi pad awal semester juga bisa menjadi pemicu untuk berprestasi pada smeser berikutnya,hitung-hitung jadi tabungan ip.

3.      belajar untuk mengatur waktu dan keuangan
mengatur waktu yang baik menjadikan kita mampu menyelesaikan tugas-tugas kuliah atau tugas organisasi  dengan disiplin,dan juga penting buat teman-teman yang kulaihnya jauh dari orang tua,mengatur keuangan pribadi degan baik sudah menjadi keharusan,apalagi kita kuliah di bidang ekonomi.

4.      selektif dalam mencari  teman dan organisasi
mencari teman dan organisasi sebanyak-banyaknya mungkin baik untuk diri kita nanti,namun kita juga harus selektif dalam memilih.jangan samapi nanti karena kita berteman dan berorganisasi yang salah,membuat kuliah kita berantakan.

5.      jaga kesehatan dan jaga motivasi untuk berprestasi
menjaga kesehatan supaya kita jauh dari penyakit,karena ketika kita sakit kemampuann belajar kan menurun dan bis-bisa membuat prestasi kita juga menurun

*tulisan lama sebelum diedit editor majalah sintaksis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar