Senin, 06 Mei 2013

Hakikat Sistem Pengendalain Manajemen



Proses pengendalian manajemen adalah proses dimana manajer pada seluruh tingkatan memastikan bahwa orang-orang yang mereka awasi mengimplementasi strategi yang dimaksudkan.
Sistem merupakan suatu cara tertentu dan biasanya bersifat repetitive (pengulangan) untuk melakukan suatu atau sekelompok aktivitas.
Elemen-elemen sistem pengendalian:
1.       Detector (pelacak) atau sensor-suatu perangkat yang mengukur apa yang sesungguh terjadi dalam proses yang sedang dikendalikan.
2.       Assessor (penilai)- suatu perangkat yang menentukan signifikansi dari peristiwa actual dengan cara membandingkan dengan beberapa standar  atau ekspektasi dari apa yang seharusnya terjadi.
3.       Effector- suatu perangkat (umpan balik) yang mengubah oerilaku accessor mengindikasikan kebutuhan untuk melakukan  hal tersebut.
4.       Jaringan komunikasi-perangkat yang meneruskan informasi antara detector dan assessor dan effector
Pengendalian manajemen terdiri dari berbagai macam kegiatan, antara lain;
1.       Merencanakan (Planing)- apa yang seharusnya terjadi
2.       Mengkoordinasikan (coordinating)- aktivitas-aktivitas dari beberapa bagian organisasi
3.       Mengkomunikasikan (Informing) -informasi
4.       Mengevaluasi (Evaluating) informasi
5.       Memutuskan (deciding) tindakan apa yang harus diambil
6.       Mempengaruhi  (influencing)- mempengaruhi perilaku
Sistem pengendalian manajemen meliputi ukuran kinerja financial dan kinerja non financial.
Strategi adalah cara untuk melaksanakan sesuatu untuk mencapaui tujuannya. Perumusan strategi merupakan proses memutuskan tujun organisasi dan strategi untuk mencapai tujuan organisasi. Tanggung jawab dalam perumusan strategi seharusnya tidak dibebankan kepada seseorang atau satu unit organisasi.
Perbedaan antara perumusan strategi dengan pengendalian manajemen, perumusan strategi adalah proses pengambilan keputusan strategi baru sedangkan pengendalian manajemen adalah proses( pelaksanaan) strategi tersebut.
 Pengendalian tugas adalah proses untuk memastikan bahwah tugas-tugas yang spesifik dilaksanakan secara efektif dan efisien.
Perbedaan antara Pengendalian tugas dengan pengendalian manajemen adalah pengendalian tugas berhubungan dengan tugas-tugas tertentu, yang sebagian besar membutuhkan sedikit atau tidak sama sekali pertimbangan untuk melaksanakannya. Adapun pengendalian manajemen berhubungan dengan aktivitas para manajer yang didefinisikan secara luas dalam memutuskan paa yang harus dilakukan dengan kendala strategis secara umum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar