Beberapa hal yang harus
dipertimbangkan dalam mengembangkan keunggulan kompetitif unit bisnis. Pertama,
apa sktruktur industry di tempat unit
bisnis beroperasi. Kedua, bagaimana unit bisnis seharusnya mengekploitasi
struktur industri? .ketiga, apa yang harus menjadi basis keunggulan kompetitif
unti bisnis?
Dua pedekatan yang digunakann
Michael porter dalam anlisis untuk mengembangkan keunggulan kompetitif yaitu
analisis Industry dan analisis rantai nilai (value chain analysis).
Analisis Industri harus dianalisis
terkait dengan kekuatan kolektif dari lima kekuatan persiangan, yaitu:
1. Intesitas
persaingan di antara para pesaing yang ada
2. Daya
tawar pelanggan
3. Daya
tawar pemasok
4. Ancaman
dari barang subsitusi
5. Ancaman
pendatang baru yang masuk industri.
Keunggulan bersaing generic
Dua cara generic untuk merespon
kesempatan dalam lingkungan internal dan ekternal yaitu:
1. Biaya
rendah, kepemimpinan biaya rendah dapat diperoleh dari beberapa pendekatan seperti skala ekonomis
dalam produksi, dampak kurva belajar, pengendalian yang ketat, dan minimalisasi
biaya.
2. Diferensiasi,
focus utama strategi ini adalah melakukan difrensiasi pebawarabn produk yang dihasilkan oleh unit
bisnis, sehingga menciftakan sesuatu yang dipandang oleh pelanggan sebagau
sesuatu yang unik. Pendekatan ini dapat melalui difrensiasi produk meliputi loyalitas merek, pelayanan pelangganan yang unggul, jaringan dealer,
desain produk dan fiturb teknologi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar