Kamis, 31 Maret 2011

Kelapa

Kelapa merupakan  Tumbuhan yang sangat  populer bagi masyarakat Indonesia dan sangat mudah kita temui khusunya di daerah pinggiran pantai dan desa-desa karean sangat cocok dan mudah ditanam.Secara bahasa kelapa menurut KBBI(Kamus Besar Bahasa Indonesia) ialah tumbuhan palem yg berbatang tinggi, buahnya tertutup sabut dan tempurung yg keras, di dalamnya terdapat daging yg mengandung santan dan air, merupakan tumbuhan serba guna. dengan bahasa ilmiahnya Cocos nucifera.
Disini bukan definisi,diskripsi ataupun cara  menanam kelapa  yang akan kita bahas,tapi filosofi dari salah satu bagian dari tumbuhan ini yang akan kita bahas yaitu buah kelapa.
Dari segi kebermanfaatanya saja  kita bisa lihat bahwa tidak ada yang sia-sia dari buah kelapa.sabutnya bisa dijadikan tali,airnya mampu menyegarkan ketika kita minum,tempurungnya bisa dijadikan accesoris,daging kelapa tua dapat dijadikan santan untuk sayur dan daging kelapa muda bisa disajikan dengan bermacam-macam olahan minuman.
Coba kita lihat lagi sisi lain dari kelapa dari segi keihklasan menerima penderiatan yang dialami.Mari kita bayangkan ketika mengambil buah nya terkadng sedikit memaksa bahkan kita potong buah ini dengan pisau tanpa belas kasian.setelah diputuskan dari pohonnya buah kelapa dilemparkan begitu saja ke tanah, jarang sekali ada orang yang mengambil buah kelapa dengan kasih sayang.
Ketika kita membuka buah  kelapa,tidak pernah ada orang yang membuka kulitnya dengan halus,ada yang membukanya dengan parang(pisau besar), memakai lingis(alat penggali lobang dari besi) bisa dibayangkan betapa kasarnya manusia terhadap buah kelapa.
Belum cukup dengan dengan kekerasan yang dialami kelapa,setelah tempurungya dibuka jika kelapa itu tua maka kelapa itu diparut (Dibuat menjadi bagian-bagian kecil) selanjutnya diperas untuk dijadikan santan dan jika  kelapa muda maka dagingnya yang lembut  itu dikerok dengan kasarnya dan jadihlah bahan baku minuman.
            Lihat lagi keihklasan kelapa untuk tidak dipuji,Santan kelapa yang sudah diperas dengan kasar dibuat menjadi sayuran yang sangat  enak,bisa lihat sayur lodeh tak pernah ada yang menyebutkan  sayur santan kelapa.
            Subhanallah!  dari kelapa ini bisa kita lihat betapa allah menciftakan dunia seisinya tanpa ada kesiasiaan,betapa sebuah kelapa mampu mengajakan kita banyak hal.Mengajarkan kita untuk bermanfaat bagi seluruh alam,mengajarkan kita ihklas dengan ketentuan yang allah  (penderitaan & kesenangan) dan mengajarkan kita untuk tidak riya’.
Allahu A’lam Bish-showab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar