Proses pengendalian manajemen adalah proses dimana manajer pada
seluruh tingkatan memastikan bahwa orang-orang yang mereka awasi
mengimplementasi strategi yang dimaksudkan.
Sistem merupakan suatu cara
tertentu dan biasanya bersifat repetitive (pengulangan) untuk melakukan suatu
atau sekelompok aktivitas.
Elemen-elemen sistem
pengendalian:
1. Detector (pelacak) atau sensor-suatu
perangkat yang mengukur apa yang sesungguh terjadi dalam proses yang sedang
dikendalikan.
2. Assessor (penilai)- suatu perangkat
yang menentukan signifikansi dari peristiwa actual dengan cara membandingkan
dengan beberapa standar atau ekspektasi
dari apa yang seharusnya terjadi.
3. Effector- suatu perangkat (umpan balik)
yang mengubah oerilaku accessor mengindikasikan kebutuhan untuk melakukan hal tersebut.
4. Jaringan komunikasi-perangkat yang
meneruskan informasi antara detector dan assessor dan effector
Pengendalian manajemen terdiri
dari berbagai macam kegiatan, antara lain;
1.
Merencanakan
(Planing)- apa yang seharusnya terjadi
2.
Mengkoordinasikan
(coordinating)- aktivitas-aktivitas dari beberapa bagian organisasi
3.
Mengkomunikasikan
(Informing) -informasi
4.
Mengevaluasi
(Evaluating) informasi
5.
Memutuskan
(deciding) tindakan apa yang harus diambil
6. Mempengaruhi (influencing)- mempengaruhi perilaku
Sistem pengendalian manajemen
meliputi ukuran kinerja financial dan kinerja non financial.
Strategi adalah cara untuk
melaksanakan sesuatu untuk mencapaui tujuannya. Perumusan strategi merupakan
proses memutuskan tujun organisasi dan strategi untuk mencapai tujuan
organisasi. Tanggung jawab dalam perumusan strategi seharusnya tidak dibebankan
kepada seseorang atau satu unit organisasi.
Perbedaan antara perumusan
strategi dengan pengendalian manajemen, perumusan strategi adalah proses
pengambilan keputusan strategi baru sedangkan pengendalian manajemen adalah
proses( pelaksanaan) strategi tersebut.
Pengendalian tugas adalah proses untuk
memastikan bahwah tugas-tugas yang spesifik dilaksanakan secara efektif dan
efisien.
Perbedaan antara Pengendalian
tugas dengan pengendalian manajemen adalah pengendalian tugas berhubungan
dengan tugas-tugas tertentu, yang sebagian besar membutuhkan sedikit atau tidak
sama sekali pertimbangan untuk melaksanakannya. Adapun pengendalian manajemen
berhubungan dengan aktivitas para manajer yang didefinisikan secara luas dalam
memutuskan paa yang harus dilakukan dengan kendala strategis secara umum.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar