Selasa, 04 Juni 2013

Keunggulan Kompetitif Unit Bisnis


Beberapa hal yang harus dipertimbangkan dalam mengembangkan keunggulan kompetitif unit bisnis. Pertama, apa sktruktur industry  di tempat unit bisnis beroperasi. Kedua, bagaimana unit bisnis seharusnya mengekploitasi struktur industri? .ketiga, apa yang harus menjadi basis keunggulan kompetitif unti bisnis?
Dua pedekatan yang digunakann Michael porter dalam anlisis untuk mengembangkan keunggulan kompetitif yaitu analisis Industry dan analisis rantai nilai (value chain analysis).
Analisis Industri harus dianalisis  terkait dengan kekuatan kolektif dari lima kekuatan persiangan, yaitu:
1.       Intesitas persaingan di antara para pesaing yang ada
2.       Daya tawar pelanggan
3.       Daya tawar pemasok
4.       Ancaman dari barang subsitusi
5.       Ancaman pendatang baru yang masuk industri.
Keunggulan bersaing generic
Dua cara generic untuk merespon kesempatan dalam lingkungan internal dan ekternal yaitu:
1.       Biaya rendah, kepemimpinan biaya rendah dapat diperoleh dari  beberapa pendekatan seperti skala ekonomis dalam produksi, dampak kurva belajar, pengendalian yang ketat, dan minimalisasi biaya.
2.       Diferensiasi, focus utama strategi ini adalah melakukan difrensiasi  pebawarabn produk yang dihasilkan oleh unit bisnis, sehingga menciftakan sesuatu yang dipandang oleh pelanggan sebagau sesuatu yang unik. Pendekatan ini dapat melalui difrensiasi  produk meliputi loyalitas merek, pelayanan  pelangganan yang unggul, jaringan dealer, desain produk dan fiturb teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar