Selasa, 04 Juni 2013

elemen-elemen statemn keuangan

3.       Elemen-Elemen Statemen Keuangan
Elemen statmen keuangan adalah makna yang sengaja ditentukan  dalam perekayasaan akuntansi untuk menyimbolkan atau merepresantasi realitas kegiatan usaha suatu badan usaha sehingga orang dapat membayangkan realitas kegiatan
Definisi elemen statmen keuangan (menurut FASB) :
§  Aset. Aset adalah manfaat ekonomik masa dating yang cukup pasti (probable) yang diperoleh atau dikuasai oleh suatu entitas sebagai hasil transaksi atau kejadian masa lalu.
§  Kewajiban. Kewajiaban adalah pengorbanan manfaat ekonomik masa dating yang cukup pasti yang timbul dari keharusannya sekarang suatu entita untuk mentansfer aset atau menyerahkan jasa kepada entitas lain di masa dating sebagai akibat dari transaksi atau kejadian masa lalu.  
§  Ekuitas (Aset Bersih). Ekuitas adalah hak residual terhadap aset suatu entitas yang masih tersisa setelah mengurangi aset denga kewajibannya.
§  Investasi Oleh Pemilik investasi oleh pemilik adalah kenaikan dalam ekuitas suatu badan usaha sebagai akibat transfer ke suatu badan usaha dari entitas lain sesuatu yang bernilai untuk mendapatkan atau menaikka hak pemilikan di dalamnya.
§  Distribusi Ke Pemilik. Distribusi oleh pemilik adalah penurunan dalam ekuitas suatu badan usaha sebagai akibat pentransferan aset, penyerahan jasa, dan penimbulan kewajiban oleh badan usaha tersebut kepada pemilik. Ditribusi ke pemilik mengurangi hak pemilikan atau ekuitas dalam suatu badan  usaha.
§  Laba Komprehensif. Laba komprehensif adalah peruabahan dalam ekuitas suatu badan usaha selama suatu perioda yang berasal darai transaksi dan kejadian lain dan kondisi dari sumber-sumber nonpemilik. Meliputi semua perubahan yang diakibatkan oleh investasi oleh pemilik dan distribusi ke pemilik.
§  Pendapatan. Pendapatan adalah aliran masuk aset atau kenaikan aset lainnya pada suatu entitas atau penyelesaian/ pelunasan kewajiban entitas tersebut dari penyerahan atau produksi barang, pemberian/ penyerahan jasa, atau kegiatan lain yang mebentuk operasi sentral atau utama dan berlanjut dari entitas tersebut.
§  Biaya. Biaya adalah aliran keluar aset atau penyerapan aset lainnya pada suatu entitas atau penimbulan kewajiban entitas tersebut dari penyerahan atau produksi barang , pemberian/ penyerahan jasa , atau kegiatan lain yang membentuk operasi sentral atau utama dan berlanjut dari entitas tersebut.
§  Untung. Untung adalah kenaikan dalam efektifitas (aset bersih )yang berasal dari transaksi peripheral (ikutan) atau incidental (kala-kala) suatu entitas dan dari semua transaksi atau kejadian  atau keadaan lain yang mempengaruhi entitas tersebut  kecuali kenaikan sebagai akibat dari pendapatan atau investasi oleh pemilik.
§  Rugi. Rugi adalah penurunan dalam ekuitas (ast bersih) yang berasal dari transaksi peripheral (ikutan) atau incidental (kala-kala) suatu entitas dan dari semua transaksi atau kejadian atau keadaan lain yang mempengaruhi entitas tesebut kecuali kenaikan sebagai akibat dari biaya atau distribusi ke pemilik.
·         Perubahan Posisi Keuangan
Aset, kewajiban dan ekuitas sebagai elemen posisi keuangan dapat beruabah akibat tiga hal yaitu kejadian (events), keadaan (circumstances) dan transaksi  (transaction).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar