Rabu, 01 Mei 2013

Laporan Audit



Laporan Audit merupakan media yang dipakai oleh auditor dalam berkomunikasi dengan masyarakat lingkungannya. Dalam laporan tersebut auditor menyatakan pendapat mengenai kewajaran lporan keuangan auditan, pendapat tersebut terkandung dalam laporan audit baku. Laporan audit baku terdiri dari tiga paragraf yaitu: paragraf pengantar, paragraf lingkup dan paragraf pendapat serta pargraf penjelas.

Analisis terhadap laporan audit
Berikut ini dijelaskan berkaitan paragraf pengantar, paragraf lingkup dan paragraf pendapat.
Paragraf Pengantar
Paragraf ini terdapat 3 kalimat : Kalimat pertama menjelaskan tentang objek yang sedang diaudit, sedangkan kalimat kedua dan ketiga menjelaskan tentang tanggung jawab manajemen dan tanggung jawab auditor.
Paragraf Lingkup
Paragraf lingkup berisi pernyataan bahwah audit yang dilaksanakan sesuai standar yang ditetapkan oleh organisasi profesi akuntan public dana beberapa penjelasan tambahan tentang standar auditing. Standar auditing : standar umum, standar pekerjaan lapangan dan standar pelaporan.
Paragraf Pendapat.  
Paragraf pendapat merupakan paragraf yang menyatakan pendapat auditor mengenai laporan keuangan yang disebutkan dalam laporan keuangan yang disebutkan dalam paragraph pengantar. Dalam pragraf ini auditor menyatakn pendapatnya mengenai kewajaran laporan keuangan auditan, dalam semua hal yang materil, yang didsarkan atas kesesuian penyusunan laporan keuangan tersebut dengan PABU.
Ada empat tipe laporan audit  yang diterbitkan oleh auditor:

1.       Laporan yang berisi pendapat wajar tanpa pengecualian

2.       Laporan yang berisi pendapat wajar tanpa pengecualian dengan bahsa penjelas

3.       Laporan yang berisi pendapat wajar dengan pengecualian

4.       Laporan yang berisi pendapat  tidak wajar

5.       Laporan yang didalamnya auditor tidak memberikan pendapat.


Paragraf penjelas pargraf tambahan yang menjelaskan tentang konsistensi pemakaian prinsip akuntansi dibandingkan dengan penerapan prinsip akuntansi dalam periode sebelumnya.


Referensi
Mulyadi. (2012). Auditing . Yogyakarta: Salemba empat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar